Thursday, December 28, 2017

hukum membentuk khilifah dalam agama Islam

assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
hamdan syukran lillah ammaba'ad
syukur alhamdulillah penilis blog ini senantiasa ucapkan kehadirat Allah swt karena masih bisa di beri kesempatan untuk melakukan postingan pertama admin. semoga kedepanya blog ini bisa bertahan dan bisa bermanfaat bagi kalangan para pembaca.
baiklah sesuia dengan judul di atas maka admin menceritakan sedikit mengenai hukum membentuk khilifa. sebelum melangkah ke pembahasan terlalu jauh maka kita ketahui pengertian khilifah terlebih dahulu. I'KHILIFAH adalah soal politik dan ketatanegaraan. karena itu, bukanlah disini tempat untuk mengusapnya, melainkan dalam buku yang khusus membicarakan tentang negara atau politik. disini sekedar mengambarkan masa di mana hukum-hukum Islam. Al-KHILIFA ialah suatu susunan pemerintahan yang di atur menurut ajaran agama Islam. itulah gambaran sedikit mengenai pengertian tentang khilifah itu sendiri. selanjutnya kita masuk ke intinya yaitu hukum membentuk khilifah.
     kaum muslim (ijma yang mu'tabar) telah bersepakat bahwa hukum mendirikan khilifa itu adalah fardu kifayah atas semua kaum muslim. alasanya sebagai berikut:

1. ijma' sahabat, sehingga mereka mendahulukan permusyarawahan tentang khilifah daripada urusan jenaza Rasulullah saw. ketika itu para pemimpin Islam sungguh Ramai membicarakan soal khilifah itu, saling berdepat dan mengemukakan pendapat akhirnya tercapailah kata sepakat memilih abu bakar menjadi khalifah, kepala negara Islam yang pertama sesudah meninggalnya Rasulullah saw.

2. tidak munkin dapat menyempurnakan kewajiban - misalnya membela agama, menjaga keamanan, dan sebagainya selain dengan adanya khilifah (pemerintah)

3. beberapa ayat al qur'an dan hadits yang menyuru kita umat Islam menaatinya, yang dengan tegas menjadi janji yang pasti dari Allah swt. kepada muslimin yang mula-mulanya waktu itu hidup dalam ketakutan, kegelisahan, dan kezaliman, tetapi mereka terus berjuang untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Allah swt. menjanjikan bahwa mereka akan menjadi khalifa di muka bumi. sebagaimana firman Allah swt dalam surah An-Nur ayat 55. yang terjemahnya:

"dan Allah telah berjanji kepada kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal- amal shaleh bahawa Dia sungguh - sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang -orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh ia akan meneguhkan bagi mereka agama yang diridai-Nya untuk mereka, dan dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah merekaberada dalam ketakutan menjadi aman sentosa,"

demikianlah postingan pertama dalam blog ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua Amin
wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

9 comments:

tingalkan komentar untuk saling follow
EmoticonEmoticon